Posted in Me Time

DARI AVE MARIA KE JALAN LAIN KE ROMA


karya: IDRUS

Berbeda dari buku – buku sebelumnya yang saya baca dan saya tuliskan sinopsisnya. Buku ini berisi kumpulan cerpen dan drama sandiwara. Jika di buku sebelumnya menceritakan kehidupan di masa penjajahan Belanda, buku karya Idrus ini menceritakan lehidupan masa yang sebentar namun lebih berat ketimbang masa tiga setengah abad itu, masa penjajahan Jepang, hingga setelah kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma, merupakan gabungan dari dua cerita pendek yang berbeda dalam buku ini. Dari Ave Maria merupakan judul cerpen pertama dalam buku ini, sedangkan Jalan Lain ke Roma merupakan cerpen yang terakhir. Bahkan saya sendiripun belum mampu memahami maksud filosofi pengarangnya memberi judul bukunya seperti itu.

Ada beberapa kutipan yang saya suka dalam buku ini, salah satunya, sesuatu yang di tulis Ishak di meja tulisnya karena kehabisan kertas “Lebih baik menulis kebenaran satu halaman dalam sebulan daripada membohong berpuluh halaman dalam sehari”.

Dan saya akan terus menulis tentang kebenaran, setidaknya tentang kehidupan saya sendiri. 🙂

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.