Citra Kehidupan Ibukota


Farm House, Bandung
Farm House, Bandung

Aku suka jalan-jalan ga jelas. Mungkin itu penilaian teman-teman atau orang-orang yang dekat denganku. Aku suka pergi ke pasar tradisional hanya untuk melihat-lihat. Aku bahkan di tertawakan pacarku, berjalan kaki dari stasiun Cikini hingga Gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Ada sesuatu yang aku coba rasakan dari perjalanan itu. Sesuatu yang banyak orang tak peduli. Sesuatu yang di anggap orang-orang kebanyakan sebagai kebiasaan atau mungkin karena sudah terlalu biasa dengan keadaan seperti itu, dan mereka mengabaikannya. Mereka lebih peduli pada kehidupan masing-masing.

Hidup di Jakarta itu keras, seperti nasi yang udah tiga hari. Olok-olokan dulu antara aku dengan tentara langit. Tapi pada kenyataannya, itu lebih dari sekedar guyonan. Aku membaca, ada istilah, pengkhianatan terhadap perjuangan. Aku mencoba untuk menghindari kata mungkin, tapi aku hanya mencoba meraba-raba jalan pikiran orang-orang di ibukota ini.

Coba kita teliti, kehidupan ibukota yang glamour ini hanya di nikmati sebagian orang saja. Mereka yang mampu, memiliki rumah mewah dan pasti sangat nyaman, mempunyai kendaraan pribadi dengan harga yang tinggi. Namun, tetangga di sebelah, tinggal di gubuk penuh tumpukan barang-barang rongsokan. Bergulat dengan matahari demi mendapatkan sesuap nasi, dari pagi hingga petang dan setiap harinya sama seperti itu. Namun, mereka tak peduli.

Lain lagi dengan orang-orang tua yang masih punya harga diri. Mereka bekerja narik ojek atau bajaj. Mereka masih berusaha untuk memenuhi kebutuhan dengan keringat dan jerih payah sendiri. Tak seperti sebagian orang lagi, mereka yang masih muda, sehat dan tak kurang suatu apapun, duduk mengemis dan meminta-minta. Aku pikir mereka bukannya tak punya keahlian, atau bukannya mereka tak punya kesempatan, tapi karena kemalasan yang begitu mengakar dan mendarah-daging, membuat mereka kehilangan harga dirinya. Bukankah tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah?

Leave a Reply

