NILAI DAN NILAI KEJUJURAN


Hidup itu seperti teka-teki, terdiri dari kecerdikan, kepiawaian dan hoki. Secara teoritis, hal yang paling penting dalam hidup itu adalah kejujuran. Ketika ujian,guru selalu berkata ” kerjakan ujian nya sendiri, jangan menyontek, lihat catatan, apalagi sampai melihat pekerjaan teman”. Dan sebelum ujian, pada pertemuan terakhir pelajaran di kelas, guru juga selalu mengingatkan, “jangan lupa belajar untuk ujian, agar mendapatkan nilai yang memuaskan”. Motivasi positif. 🙂

Kebanyakan pelajar, entah datangnya dari mana, apa mungkin sudah bakat sejak lahir untuk menomor duakan kejujuran. Tepatnya saat ujian. Dan mirisnya, mereka mengatakan “solidaritas pertemanan di uji saat ujian”. Demi nilai bagus, apapun dilakukan. Secara luasnya dapat dikatakan, menghalalkan segala cara untuk mendapatkan tujuannya. Kalo di pikir-pikir, nilai bagus tapi skill NOL buat apa. Nilai bagus menjamin bakal di kenal sebagai yang paling pinter di kelas, memang. Di kenal ama guru atau dosen, memang. Tapi, nilai bagus ngga menjamin masuk syurga.. 😀
Dosen saya pernah berkata, “yang saya nilai itu bukan hasil akhirnya, tapi prosesnya. Bagaimana usaha anda untuk menyelesaikannya”. Sungguh bijaksana, bukan? Sudah jadi rahasia umum di kelas, hasil akhir bisa dimanipulasi, copy-paste-tekan F2,selesai.

Pandangan orang bada-beda, bukan? Menurut saya, seorang teman yang sayang pada temannya, sayang pada kawannya atau sayang pada sahabatnya, bukan lah seorang yang memberi contekan saat ujian, bukanlah seorang yang mengirimkan jawaban melalui sms kepada temannya ketika ia telah selesai mengerjakan semua soal sebisanya.

Bahkan ada seorang yang di asingkan dan di kucilkan, dengan alasan ia pelit saat ujian. Di tatap sinis dan sindiran halus menghiasi hidupnya setiap hari. Sayang, hidup terlalu picik untuk mengakui kebenaran demi kepentingan pribadi. Pedih membayangkan Indonesia dua puluh tahun lagi..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s