Jangan Khawatir Ibuku Sayang


Aku mencintaimu ibu…

Jangan khawatir bu, kala fajar memerah diufuk timur sana. Aku akan bangun dari lelapnya tidur dan memenuhi kewajibanku sebagai makhluk Tuhan. Kemudian aku akan menyiapkan sarapan lalu mandi. Tenang bu, aku takkan lupa membersihkan tempat tidurku. Kau tak perlu khawatir ibuku sayang. Aku akan belajar menjadi wanita sepertimu, kau wanita sempurna cerminan hatiku. Tenang bu, aku akan menghabiskan sarapanku sebelum melakukan aktivitas harianku. Dan tentu, aku akan mengikat tali sepatuku sendiri.

 Ibuku sayang, saat siang datang. Aku terbiasa makan sendirian. Karena kesibukanmu dan ayah tak bisa dielakkan. Tak perlu takut bu, aku akan makan tepat waktu dan kaupun akan tenang menjalankan tugas pekerjaanmu. Jika aku sempat, aku akan tidur siang bu, disamping bayanganmu. Seperti yang selalu kau ajarkan ketika aku kecil. Tiga jam disaat siang menjelang sore, setiap hari aku idealnya begitu kan bu. Dan saat aku terbangun, kaulah orang pertama yang kulihat dan yang selalu ingin kulihat ketika aku membuka mata. Dan jika kau tak ada aku akan berteriak memanggilmu, jika aku tak mendengar suaramu aku akan menangis. Iya kan bu?

Ibuku yang ku sayang, saat malam menjilat langit senja. Kau tak perlu bersusah hati. Aku akan baik-baik saja walau hanya sepotong tahu dan tempe yang terhidang di meja. Tenang saja bu, aku tak butuh makan mewah jika disana hidupmu susah. Aku tak ingin hidup berlebih jika disana hatimu pedih. Dan ketika gelap itu datang, jangan cemas bu. Aku terbiasa sendiri menghadang rintang, bintang akan bersikap ramah padaku. Walau hembusan angin malam meremukkan tulang-tulangku. Aku mohon, jangan cemas bu. Gelap pasti akan segera terang, tidurlah yang lelap bu disamping pelindungmu. Jangan risaukan aku bu, nanti akan kutemukan malaikat sepertimu yang akan menjagaku. Walau tak seanggun kasihmu.

Bogor, 1 september-25 oktober 2013 © Dian Purnamasari

Leave a Reply

