Istanaku, dulu.


Dulu, saat dunia masih abu-abu untuk ku, saat itu masih tahun 1998. Aku tinggal di desa kecil dekat hutan yang dibelah jalan lintas antar provinsi. Sehingga membuat ku tak merasa begitu kesepian. Setiap hari ada saja mobil yang melintas didepan istana kecilku. Namun, tak pernah sekalipun kulihat mobil-mobil itu antri untuk mendapatkan jalannya. Mereka bisa melaju bebas tanpa hambatan, ibarat kata orang dikota ini sih, cuma jalan tol yang bebas hambatan. Tapi disana, kami tidak mengenal istilah jalan tol.

Saat itu, semua masih terasa ramah dan bersahabat. Meski nyamuk dari hutan selalu berpatroli sejak mulai maghrib hingga matahari mulai meninggi, meskipun ular panjang entah spesies apa itu suka tiba-tiba nongol dan melingkar di pohon jambu sebelah rumah, atau yang sedikit lebih pendek tiba-tiba menegakkan kepalanya saat aku membuang sampah di bawah pohon papaya arah kehutan, ada juga babi hutan yang tiba-tiba datang dan memanen singkong yang ditanam mama dipinggiran rumah dan si labi-labi besar nan malang yang tersesat keluar hutan. Labi-labi, itu sejenis kura-kura yang hidup di sekitar hutan tempat tinggal ku. Sampai hari ini, aku tak tahu jelas apa nama dan jenis makhluk itu sebenarnya. Hanya saja orang kampungku, menyebutnya labi-labi.

Aku senang, aku suka dengan kehidupan ku. Aku suka mandi kesungai kecil yang jauh dari rumah, aku juga sering pergi berburu burung punai kehutan, memancing kesungai besar di tepi hutan yang lain dan tentu saja aku melakukannya bersama papa. Ya papa, papa adalah orang yang paling takut kehilangan aku. Meski, papa itu keras terhadapku, tapi aku tahu, aku bisa merasakannya sekarang, papa bagaikan malaikat misterius yang melindungiku, menjaga dan teramat sangat menyayangiku, dengan caranya sendiri.

Istanaku Dulu
Labuah luruih

***to be continue***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s