Sendiri, Aku Bisa


Sebelum Matahari Terbenam
Sebelum Matahari Terbenam

Kuliah sudah lama usai, semua kita mulai merambah ke dunia kerja, dan semuanya mulai tak sama dan takkan pernah sama. Lihat, garis-garis diwajahmu semakin jelas. Guratan-guratan lelah itu membuatmu terlihat semakin tua, bukan tua namun kau terlihat lebih mapan untuk melanjutkan hidup. Menjadi dewasa, mungkin. Ada yang menerima perubahan ini dengan hati lapang, ada juga yang terus mengeluh berharap waktu berputar mundur, atau ada juga yang menghadapinya dengan keras hati takkan ada yang berubah. Takkan ada yang berubah, tetap kumpul bersama hingga larut malam hanyau untuk membunuh waktu dengan secangkir kopi, sebungkus rokok dan permainan gapleh. Oh, singkat betul rasanya pemikiran. Hidup harus berlanjut, ada atau tidaknya teman sepermainanmu disampingmu. Sadarilah, kamu dan mereka punya cita-cita dan tujuan hidup berbeda, memiliki segudang aktivitas yang berbeda, jangan memaksa. Pahamilah, dewasalah. tak ada yang perlu di paksa atau hanya sebatas menyindir tak berguna. Tak ada yang perlu. 🙂

Sekarang, semuanya akan berubah. Aku kembali pergi mencari apa yang aku inginkan. Tanpa siapapun, karena aku menyadari keinginan kita mungkin sama, tapi waktu yang kita miliki mungkin berbeda, atau pola pikir kita yang memang tak sama.  Walaupun dulu kita teman, sekarang kita tetap teman, tapi sungguh munafik jika aku mengatakan tak ada yang berubah. Mungkin bukan aku yang berubah, tetapi kamu dan mereka, atau ternyata aku yang berubah. Ah sudahlah, tak perlu dibahas. Itu tak akan merubah keadaan.  🙂 Aku hanya belajar dewasa dan menerima kenyataan dengan ikhlas. Tolong jangan artikan yang lain, karena teman tetaplah teman, meski baiknya melampaui batas teman. Tak bolehkah aku memiliki teman baik, apakah semua teman baik itu harus menajdi pacar? Sudahlah, kau tak peduli.

Kembali ketopik utama. Sendiri, aku bisa. YA. Aku memang begini, aku bisa pergi kemana saja yang aku suka, kau tak mau menemani? Ya, tak apa. Aku berani pergi sejauh apa, jika aku mau. Sendiri? Nevermind. Jika aku mengharapkan ada yang menemani, aku terlihat lemah dan berharap, sedangkan kau terlihat angkuh dan bangga aku membutuhkanmu. Tenang saja, aku bisa tanpamu, aku bisa sendiri. Kemanapun aku melangkah, disana aku akan mendapat teman baru dan kehidupan baru serta pengalaman baru. Aku tak perlu khawatir dengan keadaanku, selama aku baik terhadap orang lain. Maka aku akan mendapatkan hal yang sama. Iya kan?

Baiklah, demi mengobati kehausan ini dan mencapai mimpi yang sempat tertulis didinding kamar ini lengkap dengan waktu tercapainya. Walau hanya bermodal nekad, tetep nekad adalah modal utama kemanapun aku pergi. Nekad adalah modal andalan untuk mendapatkan apa yang aku inginkan. nekad is my motto. hahahaaha 😀
Aku memutuskan untuk pergi, pergi dari kota ini, pergi dari semua jalan kenangan yang pernah kita lalui bersama. Pergi dari semua kelelahan aktivitas monoton kehidupanku di kota ini. Pergi mencari jalan yang baru, semoga aku bisa menjadi yang lebih baik. Aku pergi, bukan melarikan diri. Saat aku katakan pergi, mungkin suatu saat aku akan kembali, namun jika itu melarikan diri, percayalah aku takkan kembali. Jadi, jangan tunggu aku pulang, jangan tunggu aku kembali. Aku akan pulang, akan kembali, tapi mungkin bukan untukmu lagi. Sudahlah, kau bilang semua sudah berakhir, ya semua sudah berakhir, kau dan aku. Kau, aku, Bogor dan smua jalanan yang pernah kita lalui. Aku yakin, itu tinggal kenangan, dan memang bohong jika aku mengatakan aku lupa, aku hanya berusa untuk tidak mengingatnya, hanya itu saja. Aku pergi untuk kembali, tapi bukan kembali untukmu.. ^_^

Pare, 10 Januari 2013

Leave a Reply

