Posted in Diary Ramadhan

Ramadhan #5


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Selamat datang ramadhan ke-5. Hari ini temanya mengenang masa TK. Dulu ayat pendek yang berkesan saat menghafalnya yaitu surat al-ashr, waktu TK hapal banget, eh waktu SD sempat lupa. Terus ngapalin lagi deeeh. Surat pendek yang ini punya makna dan pesan untuk kehidupan kita sehari-hari. Memang benar ternyata, Al-quran itu pedoman untuk hidup. Ga ada deh yang bisa ngalahin petunjuk-petunjuk yang ada di dalamnya. Walaupun belum terpikir oleh manusia disana sudah tercantum. Jadi, semuanya terserah kita umat muslim, mau disimpan saja Al-quran nya atau mau dibaca, dipelajari dan di pahami?

وَالْعَصْرِ ١

إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ ٢

إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ٣

Yang artinya:

Buket Bunga Ungu dan Kuning
Buket Bunga Ungu dan Kuning

1. demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Dari ayat ini, dapat dipetik pelajaran bahwasanya manusia itu berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, orang yang beramal shaleh, orang yang saling menasehati dalam kebaikan/kebenaran dan orang-orang yang saling menasehati dalam kesabaran. Kita manusia punya pilihankan, ingin menjadi orangyang emrugi atau menjadi orang yang beruntung. Itu semua kembali ke pribadi masing-masing, kita yang memilih dan kita yang bertanggung jawab atas pilihan kita. Mari intropeksi dan mendekatkan diri kepada Tuhan sang pemilik seluruh alam. 🙂

Selamat berpuasa umat muslim di seluruh dunia..

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.