T.T.S


Judulnya TTS, pasti bertanya-tanyakan TTS itu apaa?? TTS bukan Teka Teki Silang lhoo.. TTS dalam tulisan ini artinya Telur Tempe Sayur. Menu ala Dian dan Yola yang ini merupakan menu kreasi yang benar-benar ala chef Dian dan chef Yola. Siapapun bisa ko membuatnya. Tapi, ada yang membedakannya yaitu rasanya. Tentu saja berbeda dong rasanya, jika yang memasak adalah wanita yang telah menikah dan memiliki anak maka rasa masakannya di tambah dengan satu bumbu rahasia yaitu cinta, cinta untuk anak dan suaminya. Sedangkan rasa masakan ala chef Dian dan chef Yola ini ditambahkan satu bumbu rahasia yang bernama persahabatan. Dengan menggunakan bumbu yang satu ini, apapun masakannya, bagaimanapun penampakannya, sedikit asin atau kurang garam, kematengan atau kurang mateng, tak ada alasan untuk tidak menghabiskannya. Ketika masakan sudah jadi, semua perasaan galau hilang dan diganti dengan lahapnya menikmati hasil masakan sendiri. Biasanya sih apapun itu yang chef Dian masak, chef Yola ngga pernah protes dan selalu bilang enaak. Terlepas itu bener atau ngga nya, yang pasti chef Yola bilang enak dan makannya nambaah. hahahha
Jika pengolahan lauk dan sambel adalah bagian chef Dian, maka pengolahan sayur adalah tugas chef Yola Fadlillah. Apapun itu kreasi sayurannya, tetap terasa enak dan ngga perlu mikir untuk menghabiskannya. 😀

Menu kali ini adalah Telur dan tempe sambel ditemani dengan sayur TSAWO alias Tumis SAwi dan WOrtel. Seperti yang sudah diceritakan diatas. Lauk adalah bagian chef Dian dan sayur adalah bagian chef Yola. Nih, kronologi pembuatannya. Jika ingin tau, bacanya boleh dilanjutkan. Namun jika tidak, bacanya sampai disini sajaa.. ^_^, ndak papa ko.

Hal pertama yang chef Dian lakukan adalah menyalakan kompor dan merebus telur. Sembari menunggu telur rebusnya mateng, hal selanjutnya adalah mengiris tempe semi tipis dan merendamnya dalam air garam. Berharap rasa asinnya meresap kedalam tempe. Dilanjutkan dengan membersihkan cabe merah, mengupas bawang merah dan bawang putih kemudian di ulek. Selama proses pengulekan ini dilakukan, diselingi dengan mengangkat telur rebus dan mencelupkannya kedalam air dingin. Memanaskan wajan dan minyaknya untuk menggoreng tempe dan telur yang telah disiapkan sebelumnya. Nah jika semuanya telah selesai digoreng, saatnya menggoreng cabe. Cabenya biar lebih enak dikasih bawang putih sedikit dan tomat. Berhubung disini cabenya besar-besar dan ngga ada rasa pedasnya, dicampur dengan cabe rawit merah biar ada rasa pedasnya. Tapi biasanya chef Dian itu menggunakan cabe keriting. Meskipun rasanya ngga sama dan ngga akan pernah sama rasanya dengan cabe di Bukittinggi. Cabe besar ini membutuhkan tenaga ekstra dalam proses pengulekan, karena memiliki biji yang lebih besar dan lebih keras ketimbang cabe keriting. Tomat diulek nya belakangan, ketika cabe sudah halus dan bawangnya pun sudah halus.

TTS
TTS

Saat chef Dian memulai proses memasaknya, begitu juga dengan chef Yola. Hal yang pertama kali chef Yola lakukan adalah membersihkan dan memotong-motong sayur sawinya. Dilanjutkan dengan membersihkan sayur wortel dan memotongnya seperti terlihat pada gambar. Hal terakhir dalam persiapannya adalah membuat bumbu tumisan. Bumbu tumisan yang chef Yola gunakan sangat sederhana, terdiri dari bawang merah, bawang putih, sedikit cabe dan garam. Dalam masakan ala chef Dian dan chef Yola ini tidak menggunakan yang namanya micin, jenis apapun. Setelah chef Dian selesai memasak lauk untuk hari ini, maka chef Yola akan segera beraksi, memasak sayurnya. Sayur tumisannya sangat sederhana, tumis bawang merah hingga setengah matang kemudian masukkan bawang putih dan cabe. Tumis hingga bawang merah layu, jangan sampai gosong ya bawang gorengnya. Kemudian masukkan sayur wortel yang telah dipotong-potong, tumis sebentar lalu di beri air sedikit. Sekiranya sudah setengah mateng (lembut) masukkan sayur sawi nya. Terakhir bubuhi sedikit garam, agar rasanya terasa enak dan menggugah selera. “Selera tetep selera, makan masakan sendiri.. hehehehe”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s