Perhatikan :)


 

Perhatikan, bunga itu tumbuh indah didahan yang sama dengan induknya. Tapi kau memutuskan untuk memetiknya, memisahkan dahannya dengan induknya. Kau pindahkan di pot milikmu, dengan media tanam yang kau pilih sendiri. Kau akan menjaganya,begitu niat dalam hatimu, sungguh-sungguh katamu.

Perhatikan, bunga yang kau tanam di dalam potmu yang baru. Ia layu, meski dengan media tanammu yang bagus dan potmu yang indah. Kau lupa, keindahan dan kemewahan yang kau beri bukanlah segalanya untuknya. Kau lupa, sengaja lupa atau memang sengaja menyiksa? Bunga itu butuh kau, butuh perhatian dari kau yang dengan sengaja memetiknya, mengambilnya. Mengembalikannya ke dahannya sudah tak mungkin, karena kau telah memisahkannya.

Perhatikan, yang harus kau lakukan tak sulit dan tak jua berat. Kau hanya harus mulai menyiramnya sedikit demi sedikit ketika ia mulai kering, membersihkan rumput yang tumbuh liar di sekitarnya, dan jangan lupa sinar matahari untuk memastikan kelangsungan nutrisi hidupnya.

Apakah kamu mampu dan mau dengan ikhlas melakukannya? Jika tidak, ada pilihan yang akan sangat meringankanmu, biarkan bunga itu mati dalam potmu atau kembalikan ia ke tanah dan biarkan ia hidup dengan segala susah senang dan deritanya sendiri. Biarlah ia hidup berdampingan dengan rumput-rumput liar yang mencuri cadangan makanannya, dengan segala kekhawatiran langkah-langkah orang gagah menginjaknya – melukainya. Tenang, hujan akan turun membasahinya dan mengobati dahaganya.

Menangisi yang memang ngga ada itu terasa lebih ringan, daripada menangis karena ia ada tapi serasa ngga ada, serasa di sia-siakan.. 🙂

Sudahkah kau perhatikan bunga yang kau tanam, sayang?

Anggrek
Bunga dan Pot nya
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s