Sayur Asem Sambel Terasi


Kata orang sini, sayur asem itu enaknya dipadu dengan sambel terasi dan ikan asin. Aku sih apa aja makanannya yang penting masakan sendiri, ya tetap enak-enak aja. Kalo laper ya tetep nambah aja. 😀

SayurAsemTapi demi bisa memasak apa saja, kali ini Dian & Yola memasak sayur asem. Sayur asem buatan kami berisi labu siam, kacang panjang, kacang merah, melinjo, daun melinjo dan jagung. Karena dian kurang tahu bumbu sayur asem itu apa aja, jadi yola nanya ke mamanya. Kata mama Yola, bumbu masak sayur asem adalah:bawang merah, bawang putih, cabe merah, terasi dan yang pasti asam jawa.
Caranya:
semua bumbu dihaluskan, khusus untuk terasi di goreng terlebih dahulu dan jangan lupa di beri garam. Setelah semua bumbu dihaluskan, proses memasak sayur asem akan segera dimulai. 😀
Panaskan wajan, masukkan 3 gelas air diikuti dengan memasukkan bumbu yang telah dihaluskan. Masukkan jagung yang telah di potong menjadi 3 bagian. Setelah jagung setengah matang, masukkan labu siam, melinjo dan kacang merah. Jenis sayur ini merupakan sayur yang lebih lama matengnya dibanding sayur lainnya, jadi harus didahulukan agar nanti matengnya merata. Setelah labu siamnya juga setengah mateng, masukkan kacang panjang tunggu hingga kacang panjang setengah layu. Setelha itu masukkan daun melinjo dan asam jawa. Awas keaseman yaa.. 😀
Setelah semua sayur empuk, matikan api. Dan sayur asem siap untuk dinikmati. 😀

Katanya, sayur asem tanpa sambel terasi itu ga afdhal, jadi disiapin deh temennya. Cara memasak sambel terasi ala Dian & Yola, cabe merah besar, cbe rawit merah, bawang merah, bawang putih,tomat, dan terasi digoreng terlebih dahulu. Kemudian diulek hingga halus, jangan lupa dikasih garem.. heehhe
Sambel terasi siap dinikmati.. 😀

Satu lagi nih, temennya sayur asem yaitu ikan asin. Tapi, berhubung disini dian ngga tau ikan asin yang enak itu apa. Dian & Yola sepakat untuk menggantinya dengan goreng tempe di tepungin. 😀
Meskipun ngga ditemni ikan asin, tetep lhoo kita makannya nambaah..
Ya kan yolaaa?? 😀 😀 😀
Saking nikmatnya, yola lupa kalo yola berniat untuk diet. hehehe

#I Love Cooking, really really love..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s