MARKESOT BERTUTUR


Karya: Emha Ainun Najib

Saya punya mimpi untuk memiliki sangat banyak buku, sehingga saya bisa mempunyai sebuah perpustakaan kecil suatu hari nanti. Mungin bisa jadi taman baca, atau hanya sekedar perpustakaan pribadi. Saya bertekad membaca buku apa saja, agar wawasan bertambah luas dan ngga tentang hal yang itu – itu saja. Kal ini saya membaca buku tentang pandangan sosial – politik seorang pengarang terkenal Emha Ainun Najib. Ini buku beliau yang pertama saya baca, setelah membaca buku ini saya menjadi ingin mengoleksi buku – buku lainnya.

Markesot, saya berkenalan dengan tokoh ini dalam setiap judul dan bab. Mungkin Markesot adalah tokoh utama dalam buku ini, tapi saya masih belum bisa mengambil suatu kesimpulan siapa sebenarnya sang tokoh utama ini. Markesot seorang yang bijaksana, aneh, terkenal, tapi mbambung. Markesot juga pernah tinggal di Amerika Serikat, pernah tinggal di Jerman Barat, mengunjungi yogya dan mempunyai kontrakan di Surabaya. Selain itu profesinya berbagai macam pernah ia lakoni, menjadi chef, menjadi sopir taksi dan sering menghilang tanpa kabar kemudian muncul secara tiba – tiba. Ya, begitulah Markesot, bijaksana namun memiliki tingkah laku yang nyentrik serta aneh. Tapi saya menikmati setiap mutiara terselip dalam setiap judul di buku ini. Dan saya bersyukur akan inisiatif untuk membeli buku ini waktu itu. 🙂

Demikian..

Leave a Reply

